Wednesday, March 12, 2014

Apa itu Siantarbackpacker?



Biasa atau disebut dengan SBP atau Siantar BPK wkwkwkwk, ini adalah sebuah komunitas yang beranggotakan orang-orang yang menyukai (gilak) jalan-jalan dengan cara melakukan suatu perjalanan yang dilakukan melalui beberapa proses seperti, membuat perincian dana yang akan dikeluarkan, menyiapkan perlengkapan, menentukan destinasi/tujuan, menetapkan akomodasi dan transportasi yang sesuai dengan dana atau budget seminimal mungkin dengan menggunakan ransel (backpack), bahkan kalo udah kumat gilaknya; suka-suka aja kapan berangkat.

Komunitas Siantar Backpacker sebenarnya gak jelas kapan berdirinya, sekitar tanggal 21 Maret 2015, dimulai dari beberapa orang yang menyukai hobi sama, ngumpul dan membentuk sebuah komunitas Siantar BPK. Komunitas Siantar Backpacker sendiri pada saat ini hanya beranggotakan orang yang berdomisili di Kota Pematangsiantar saja. Selain itu juga ada beberapa anggota yang berasal dari luar kota, walau sebenarnya mereka itu asli anak siantar tapi lagi kerja atau kuliah di luar. Namun pun ada juga sobat petualang kita dari kota – kota yang lain yang sejauh ini semakin antusias orang-orang diluar Siantar yang ingin jalan sama (join traveling) dengan yang dilakukan para pecinta traveling.



Komunitas ini juga tentu kegiatan serupa yaitu menjela melakukan Trip ketempat wisata yang akan dituju, komunitas ini melakukanya dengan sistem share cost atau patungan. Semua biaya dirincikan baik kebutuhan selama perjalanan maupun sampai tujuan. Setelah mengetahui estimasi biaya maka akan dihitung berapa biaya yang akan dikeluarkan bagi masing-masing anggota yang akan ikut ketempat wisata tersebut. Dengan sistem share cost inilah semua biaya akan menjadi jauh lebih murah karena semua ongkos akan ditanggung bersama-sama. Itu juga yang menjadi alasan mengapa semakin banyak saja orang yang bergabung dengan komunitas ini.

Aktivitas lainnya yang dilakukan komunitas ini adalah melakukan kopdar bersama anggota yang baru bergabung. Kopdar (Kumpul gak jelas ala Siantar Backpacker) itu sendiri biasanya akan berpindah-pindah tempat sesuai dengan kesepakatan bersama dan kemudahan akses bagi semua anggota, biasanya sih di rumah-rumah aja makan goreng, biar hemat hahahaha, mengingat banyaknya anggota SBP yang masih tinggal sama ortunya.

Siantar Backpacker ini nggak ada batasan usia bagi yang ingin bergabung. Baik muda, tua pasangan suami istri, bahkan anak sekolah juga bias bergabung dengan komunitas ini. Komunitas ini tidak sebatas jalan-jalan saja tetapi juga rencananya akan melakukan kegiatan positif yang bermanfaat seperti baktii sosial maupun acara-acara non sosial seperti Nonton Bareng, main-main (bikin rusuh) ke rumah anggota, dan mudah-mudahan untuk kedepannya menerima atau mengirim undangan acara di luar Komunitas,dan lainnya. Bantu-bantuin komunitas lain kenapa nggak?

No comments:

Post a Comment